Sosial Mahasiswa IMTK FTUI 2021

Cherry 2021

Berbagai permasalahan lingkungan dan sosial terjadi karena kurangnya perhatian dan kesadaran akan lingkungan sekitar dari pihak-pihak yang memegang peran penggerak perubahan. Peran tersebut merupakan salah satu tanggung jawab dari seorang mahasiswa. Mahasiswa memiliki 3 peran penting, yaitu sebagai agent of change, social control, dan iron stock. Salah satu bentuk implementasi dari peran mahasiswa tersebut adalah dengan kegiatan “Cherry 2021”. Chemical Engineering in Charity (Cherry) 2021 merupakan program kerja proyek di bawah bidang Sosial Masyarakat Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia 2021 (IMTK FTUI 2021).

Tujuan Cherry

  • Meningkatkan kepedulian masyarakat akan lingkungannya dan kepedulian warga Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia kepada sesama manusia.
  • Memberikan sesuatu aksi gerakan akan kepedulian sosial yang dapat bermanfaat untuk masyarakat sebagai bentuk implementasi salah satu tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.
  • Menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat dengan tepat sasaran sesuai dengan apa yang dibutuhkan khususnya masalah air.

Desa Cherry 2021

Tindakan implementasi dibutuhkan dari peran mahasiswa Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia untuk membantu menghadapi masalah yang terdapat di Dusun Gunung Sangar Caang Baranang, Suka Mulya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yaitu kurangnya pasokan air bersih dan pipa untuk pengaliran air dari sumber mata air ke rumah warga sudah rusak.

Proyek Donasi

  • Pemasangan teknologi berupa toren air yang akan dibawa pada Cherry 2021
  • Sosialisasi kepada anak-anak sekolah desa setempat mengenai cara mencuci tangan dengan baik dan benar.
  • Pembuatan kolam ikan dan pemberian pakan ikan
  • Pembuatan saung dan taman baca
  • Pemasangan kerangka hidroponik dan melakukan kegiatan penanaman bibit sayuran melalui media tanam yang dipilih
  • Revitalisasi turbin yang sudah diberikan pada program pembinaan desa sebelumnya dan perbaikan fasilitas lainnya yang terkena dampak pasca terjadinya bencana longsor pada Dusun Gunung Sangar Caang Baranang.
  • Pemberian donasi sembako dan health kit

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan “Cherry 2021”, Mahasiswa Departemen Teknik Kimia dapat menunjukkan kontribusinya kepada masyarakat dan memberikan solusi berbasis teknologi terhadap permasalahan desa yang membutuhkan sehingga terjadi perkembangan kesinambungan antara kehidupan masyarakat dan lingkungan.

What's on Cherry

Sosial Mahasiswa IMTK FTUI 2021