Advokasi

Pusat informasi mahasiswa di bidang advokasi terkait kesejahteraan dalam hal finansial dan akademis untuk membantu mahasiswa Depatemen Teknik Kimia UI.

Sosial Mahasiswa
Akademis dan Keprofesian
IMTK FTUI 2021

SURAT REKOMENDASI

Cara membuat surat rekomendasi beasiswa

surat keterangan

Cara pengajuan surat keterangan aktif mahasiswa kepada departemen

transkrip nilai

Cara mencetak transkrip nilai

akun siak bermasalah

Cara mengurus akun SIAKNG yang tiba-tiba bermasalah

beasiswa

Cara mendaftar beasiswa

Cicilan

Persyaratan, skema, periode, dan masa pengajuan cicilan

pengajuan BOP

Ketentuan pengajuan keringanan Biaya Operasional Pendidikan (BOP)

pembayaran BOP

Tata cara pembayaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP)

TRANSFER KREDIT

Alur Transfer Kredit (SKS)

CUTI

Alur Pengajuan Cuti

Info Adkesma

Media sosial Info Adkesma

narahubung

Untuk bantuan Adkesma

Cara membuat surat rekomendasi beasiswa

  1. Isi form pada link bit.ly/rekombeasiswa
  2. Memilih “Surat Rekomendasi Beasiswa” untuk pertanyaan “Permohonan yang diajukan” 
  3. Mengisi dan mengunggah formulir kelengkapan beasiswa (link pada kolom deskripsi)
  4. Surat rekomendasi beasiswa akan diproses selama kurang lebih 3 hari (hari kerja) dan diberikan melalui email yang dicantumkan pada form

Cara membuat surat rekomendasi beasiswa

  1. Menghubungi pihak departemen dengan whatsapp ke nomor 087788331058 (Pak Sriyono)
  2. Format chat : Nama lengkap, NPM, keperluan
  3. Melampirkan foto ktp
  4. Harap menggunakan bahasa yang sopan dan hanya mengontak pada jam kerja

Cara mencetak transkrip nilai

  1. Membuka website paf.eng.ui.ac.id
  2. Klik “Buat Pesanan” dan akan langsung diarahkan ke halaman sign in SSO
  3. Setelah berhasil sign in, mengisi dan memastikan data diri sudah sesuai untuk melakukan verifikasi profil
  4. Lanjut ke menu Pemesanan dan mengklik “Buat Pesanan” untuk masuk ke halaman “Data Dokumen”
  5. Mengisi keperluan transkrip nilai yang dibutuhkan seperti bahasa, jumlah transkrip, dll. (menambahkan catatan apabila ada persyaratan khusus)
  6. Memilih metode penerimanaan (selama masih online, transkrip tetap akan dikirim berupa soft file ke email pengaju), kemudian ke menu “Review” untuk memastikan seluruh data sudah sesuai dan mengklik “Lakukan Pembayaran”
  7. Memilih metode pembayaran yang diinginkan (QRIS, Kartu Debit, Kartu Kredit)
  8. Jika sudah melakukan pembayaran, konfirmasi akan tedata secara otomatis dan akan ada pemberitahuan lebih lanjut melalui email yang sudah dicantumkan sebelumnya
  9. Jika setelah 3 hari mahasiswa tidak menerima transkrip yang diajukan, mahasiswa dapat menghubungi PAF FTUI melalui whatsapp 081117071964 atau datang langsung ke ruang PAF FTUI

Cara mengurus akun SIAK NG yang tiba-tiba bermasalah

Email ke support@ui.ac.id sertakan Nama, NPM, Jurusan, dan Keperluan

Cara mendaftar beasiswa

  1. Cek website beasiswa.ui.ac.id
  2. Pilih beasiswa yang sesuai dengan kriteriamu
  3. Siapkan persyaratan yang diminta
  4. Upload berkas ke website beasiswa.ui.ac.id
  5. Berkas juga dikirimkan ke email sosmaimtk2022@gmail.com dengan subject “Daftar Beasiswa X (nama beasiswa)_Nama Lengkap_NPM” (cth : Daftar Beasiswa XL_Budi Doremi_2012345678)
  6. Notes : beasiswa eksternal tidak terdapat pada website beasiswa.ui.ac.id. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada halaman web penyelenggara masing-masing beasiswa.
  7. Contact Person Beasiswa
    1. Syahla Zharifah Nasywa (syahlazn58_/081311623380)
    2. Raka Lintang Kawindra (edwardoalice56/081219463787)

Cicilan

  1. Persyaratan pengajuan cicilan
    1. Merupakan mahasiswa yang pada semester berikutnya berstatus aktif
    2. Tidak memiliki tunggakan biaya pendidikan pada semester sebelumnya
    3. Dapat diajukan oleh semua mahasiswa UI, baik program reguler maupun paralel
  2. Skema cicilan (dari total BOP)
    1. Cicilan 1 : 50% 
    2. Cicilan 2 : 30%
    3. Cicilan 3 : 20%
  3. Periode berlaku cicilan
    1. Cicilan hanya berlaku selama 1 semester pada periode pengajuan. Jika pada semester berikutnya kembali ingin menggunakan skema cicilan, harap melakukan pengajuan kembali.
  4. Kemahasiswaan Dekanat FTUI membuka masa pengajuan cicilan yang dapat dilakukan di setiap awal semester. Namun bagi mahasiswa yang ingin mengajukan cicilan di tengah semester dengan alasan yang jelas, dapat melakukan pengajuan melalui departemen

Ketentuan pengajuan keringanan BOP

  1. Pengajuan keringanan BOP akan bersifat permanen (berlaku hingga mahasiswa tersebut lulus) ketika pengajuannya diterima pada awal semester 1 dan setiap pengajuan pada awal semester genap
  2. Bagi mahasiswa yang pengajuan keringanannya diterima, boleh mengajukan pembayaran dengan skema cicilan

Tata cara pembayaran BOP

  1. Informasi lengkap dapat diakses di link berikut: bit.ly/CaraBayarBOPFT
  2. Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui bank yang tertera pada dokumen pada: bit.ly/CaraBayarBOPFT
  3. Bagi mahasiswa selain semester 1, “Nomor Registrasi” saat melakukan pembayaran diisi dengan mencantumkan NPM
  4. Selalu periksa kesesuaian nama mahasiswa yang muncul pada layar ATM
  5. Bukti pembayaran harap disimpan
  6. Setelah selesai melakukan pembayaran, periksa status pada SIAK NG di bagian pembayaran
  7. Harap melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan, bagi mahasiswa yang belum melakukan pembayaran pada batas waktu yang ditetapkan, maka akan dikenakan denda sebesar 50% dari total tagihan yang tertera di SIAK NG (jika menggunakan skema cicil, denda 50% dihitung dari total tagihan setiap cicilan yang terlewat)

Alur Transfer Kredit

  1. Menyiapkan berkas, seperti silabus pembelajaran (apabila transfer sks dari universitas luar UI), transkrip nilai dan mengisi form transfer kredit yang dapat di akses di link (https://bit.ly/FormTransferKredit)
  2. Menghubungi Pembimbing Akademis (PA) 
  3. Memberikan form transfer kredit ke Bu Fenty di bagian sekretariat departemen (WA : 087782886720)

Alur Pengajuan Cuti

  1. Menghubungi Pembimbing Akademis (PA) dan Pak Bambang Heru (WA: 085624202530), selaku Sekretaris Departemen
  2. Membuat surat permohonan cuti dan diserahkan ke Departemen Teknik Kimia (Contoh template surat dapat diakses di : https://bit.ly/TemplateSuratPengajuanCuti )
  3. Mengisi opsi “pengajuan cuti” pada SIAK NG

narahubung

Anisa | Teknik Kimia 2020

Sosial Mahasiswa

Nawa | Teknik Bioproses 2021

Sosial Mahasiswa

Stephanie | Teknik Kimia 2020

Sosial Mahasiswa

Alya K. | Teknik Bioproses 2020

Akademis dan Keprofesian

Hajar | Teknik Bioproses 2020

Akademis dan Keprofesian

Valentina | Teknik Kimia 2021

Akademis dan Keprofesian